Wednesday, February 3, 2016

Posting Foto Makanan di Media Sosial Berisiko bagi Kesehatan

Posting Foto Makanan di Media Sosial Berisiko bagi Kesehatan
JIKA kebiasaan berfoto selfie dikhawatirkan akan menyebabkan tingkat narsisme seseorang menjadi lebih parah. Ternyata, kebiasaan mengunggah foto makanan di media sosial juga berbahaya untuk kesehatan, lo!

Apa alasannya kebiasaan mengunggah foto makanan sebelum dimakan berbahaya bagi kesehatan?

Pasalnya, banyak sekali netizen yang terbiasa mengunggah foto makanan dengan gadgetnya, namun lupa mencuci tangannya ketika hendak makan. Pemicu utamanya ialah banyaknya bakteri yang tersimpan dan mengendap di permukaan layar atau sisi gadget Anda.

Selain itu, kebiasaan buruk banyak orang yang sering membawa ponsel atau gadgetnya ke dalam toilet juga membuat barang elektronik tersebut rentan terpapar bakteri serta kuman.

Nah, jika kita lupa mencuci tangan hingga bersih, kemungkinan besar bakteri akan turut masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan yang Anda konsumsi. 

Bakteri Berbahaya bagi Kesehatan
Berikut ini 9 jenis bakteri pada gadget yang berbahaya untuk kesehatan.

Pseudomonas AeruginosaPeneliti Nigeria melakukan studi terhadap 400 ponsel dan bakteri ini adalah termasuk bakteri yang paling sering ditemukan. Bakteri ini juga terdapat pada peralatan rumah sakit dan kolam renang. Yang membedakan bakteri ini dengan yang lainya adalah ia memiliki kemampuan untuk menolak obat-obatan setelah terjadinya infeksi.

CorynebacteriumCorynebacterium adalah sebuah patogen. Patogen ini dapat menyebabkan penyakit difteri. Sebuah penyakit yang berpotensi mematikan. Bakteri ini menyerang tenggorokan sehingga terjadi infeksi dan membuat penderitanya sulit bernafas. Beruntungnya, vaksin untuk bakteri ini sudah tersedia di negara-negara berkembang.

Closditrium DifficileBakteri ini termasuk salah satu penyebab timbulnya penyakit diare. Gelaja yang sering ditimbulkan oleh penyakit ini seperti demam, mual, sakit perut dan kehilangan nafsu makan. Akan lebih baik jika kita membersihkan smartphone secara berkala dengan kain dan sedikit larutan alkohol.

RagiKandungan ragi ternyata juga ditemukan pada gawai. Ragi memang baik untuk makanan, tetapi bukan berarti selalu baik untuk tubuh kita. Tetapi bila ragi terlalu banyak mengendap di tubuh, ragi itu akan menjadi jamur dan membuat tubuh gatal.

JamurJamur tidak hanya muncul pada makanan basi. Jamur juga terdapat pada smartphone Anda. Gelaja yang ditimbulkan adalah pernapasan terganggu, hidung tersumbat, demam, dan infeksi paru-paru.

StaphylococcusStaphylococcus biasanya terdapat pada saluran pernapasan atas dan kulit. Penyakit yang ditimbulkan dari bakteri ini diantaranya adalah bisul, jerawat, pneumonia, meningitis. Bakteri ini berperan dalam memproduksi nanah. Oleh karenanya, kita disarankan untuk tidak mengusap wajah dengan telapak tangan setelah bermain dengan gawai.
StreptococcusStreptococcus terbagi dalam dua jenis. Jenis pertama sering ditemui pada anak-anak dalam bentuk radang tenggorokan, demam berdarah dan pembengkakan kulit (selulitis). Kemudian jenis kedua bakteri streptococcus dapat menyebabkan penyakit pneumonia, infeksi saluran kemih, darah, dan infeksi kulit.

Escherichia ColiBakteri ini sebetulnya bermanfaat untuk pencernaan kita. Hanya bila terlalu banyak di dalam usus, bakteri ini dapat menyebabkan kontaminasi dan memicu terjadinya muntaber.

ColiformColiform sering ditemukan pada kotoran hewan dan manusia. Sering juga terjadi pada tanah dan tanaman. Coliform juga kerap ditemukan pada gawai kita walau jumlahnya sangat kecil, sehingga jarang menimbulkan penyakit.

Saran terbaik, bersihkan gadget atau ponsel Anda secara berkala. Cuci tangan dengan antiseptik yang ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri. Selalu sempatkan mencuci tangan setelah mengunggah foto atau bermain gadget sebelum melahap makanan Anda.

Sumber: Tribunnews/Banjarmasin

Thanks for reading Posting Foto Makanan di Media Sosial Berisiko bagi Kesehatan

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Simple Magz All Right Reserved. Theme by CB
Powered by Blogger