Saturday, January 9, 2016

Media Sosial Menjadi Pesaing Situs Berita

Media Sosial
Media Sosial seperti Facebook, Twitter, dan Youtube menjadi pesaing situs-situs berita. Pasalnya, semua sumber berita, seperti selebritas, pejabat, instansi, perusahaan, dan masyarakat umum memiliki akun media sosial.

Kebanyakan berita kejadian terkini pertama kali muncul di media sosial, lalu dikutip oleh situs berita. Wartawan masa kini pun bukan sibuk di lapangan, tapi sibuk menjelajah berbagai akun media sosial guna melakukan liputan online.

Hampir semua media sosial memiliki fitur andalan yang mendukung penyebaran berita terkini.

Menurut lembaga riset Pew Research Center yang dilansir CNN, sekitar 63 persen pengguna Twitter dan Facebook sekarang menggunakan kedua platform jejaring sosial raksasa itu sebagai sumber berita. Angka tersebut melonjak dari 2013 yang hanya sekitar 50 persen.

Empat persen pengguna Facebook dan delapan persen pengguna Twitter menganggap kedua platform ini sebagai cara paling penting untuk mendapatkan berita.

Twitter meluncurkan aplikasi siaran langsung videostreaming, Periscope. Periscope dilaporkan secara cepat langsung digunakan oleh banyak wartawan dari berbagai dunia.

Facebook memiliki kolom “Trending Now” yang memperlihatkan topik apapun yang paling ramai dibicarakan.

Twitter tak lama lagi akan memperkenalkan Project Lightning, sebuah inisiatif baru yang bakal mengorganisir berita peristiwa secara langsung, termasuk breaking news.

Laporan Pew juga menunjukan bahwa pengguna Twitter yang mengikuti akun-akun berita jumlahnya dua kali lipat dari pengguna Facebook.

Frekuensi para pengguna Twitter yang melihat rangkaian peristiwa dan cerita mengenai hubungan internasional, pemerintah dan politik nasional, bisnis, serta olahraga juga terbilang lebih banyak ketimbang pengguna Facebook.*

Thanks for reading Media Sosial Menjadi Pesaing Situs Berita

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Simple Magz All Right Reserved. Theme by CB
Powered by Blogger